Selasa, 31 Desember 2013

# Flashback # Random

Kilas Balik 2013

Warning: Postingan ini berisi keanehan. Tidak seru, seperti halnya postingan-postingan saya sebelumnya. Jelek dan aneh ala Musrifah. Tidak usah dibaca, nanti menyesal. :)


Minggu terakhir, hari terakhir dan malam terakhir di tahun 2013. Besok, ketika kita membuka mata, mendengar cicit burung pagi dan kokok ayam jantan  menyambut sang mentari menyingsing, kita telah merasakan pagi yang berbeda. Ya, pagi di tahun 2014. Tahun baru, hari pertama di bulan Januari tahun 2014. Semangat baru, target-target baru, resolusi tahun baru yang kita tuliskan beberapa waktu lalu bersiap untuk dijalankan. Tahun baru, harus membawa perubahan besar. Membawa harapan besar, menyongsong cita-cita terpendam dan ambisi-ambisi untuk mengaktualisasikan diri menjadi lebih baik. Ceilah… hehehe.
Di malam tahun baru ini, saya hanya ingin berkilas balik alias flashback kehidupan saya selama di tahun 2013. Yang tidak berminat membaca, lebih baik jangan dipaksakan, nanti menyesal karena tulisan saya seperti biasa selalu panjang-panjang dan ngebosenin. 

Kita mulai di Januari 2013…
Januari! Tahun baru 2013! Alhamdulillah ya, nggak jadi kiamat. Masih ada tahun baru 2013. Hehehe. Januari tahun 2013 liburan semesteran pertama semenjak kuliah. Liburan daripada nganggur nungguin yudisium, maka saya menghabiskan liburan saya baca buku, pergi jalan-jalan bareng keluarga, dan tak lupa dengan ritual saya, menulis. Ya, nulis apa saja. Nulis diary, curhat tentang…. *uhuk* ada lah sesuatu pokoknya. Nulis postingan, nulis cerpen, nulis nulis dan nulis. Ya, hidup saya memang kayaknya tidak jauh-jauh dari laptop dan lautan aksara. Hehehe.
Februari 2013…
Februari nih, udah siap-siap mau masuk kuliah. Udah mulai herregistrasi. Udah yudisium juga. Dapet IP berapa? Males ngasih tahu, ah. Mulai KRS-an online, sambil berrempong-rempong dengan teman seangkatan. “Hei ini cara ngelihat makulnya gimana?”, “Hei, ini cara cetak KRS-nya gimana?” Ya, begitulah mahasiswanya masih lugu. Jarang buka siakad juga, termasuk saya. Oke, sudah jangan diteruskan.
Februari, sudah siap-siap masuk kuliah. Ngelihat KRS sudah banyak mata kuliah yang Psikologi banget. Tapi masih dasar, sih. Then… Masih ketemu Filsafat. Kali ini Filsafat Manusia! Terima Kasih, ya Allah, hiks.
Maret 2013…
PPH! Penataran Pengurus Himapsi! Tawangmangu, lagi, Tawangmangu lagi. Sampe bosen. Nginep di Villa lagi, nginep di Villa lagi. Outbound lagi, outbound lagi. Nggak beda kayak makrab Psikologi pas semester satu kemaren. PPH-nya seru. Ketawa, bercanda, kakak tingkat-adik tingkat nggak ada bedanya. Senam pagi, outbound, games pipa bocor sampe baju basah semua. Pas PPH juga ada salah satu pengurus yang ultah, Marin. Marin langsung dikasih kejutan kue tart sama lagu Happy Birthday to Marin! Hehe. Ya, ini hanya segelintir momen PPH yang berhasil saya ingat. Yang lain lupa, hehehe.
April 2013…
Ngapain ya? Oh iya, hectic karena menyiapkan LCI, SPI, dan Kajian Bareng. Oke yang LCI nggak usah dibahas. Kuliahnya piye? Sok beres banget ya. Ya, kuliah mah sudah tertata dengan rapi *ceilah sombong banget, Mus. Di SPI saya ngerangkap jadi Sie Acara kalau di Kajian Bareng, saya sekertaris. Berurusan dengan proposal dan LPJ yang menyebalkan, menguras darah dan air mata *lebay! Ya, sudah sih ya, saya sedih kalau harus mengingat penderitaan membuat proposal dan LPJ. Hehehe.
Mei 2013…
LCI sedang berjalan dan SPI tinggal menghitung hari lagi. Mana tugas sudah banyak yang numpuk. Saya lupa, di bulan ini saya ngapain aja. Oiya, semester dua ini adalah pertama kalinya saya dapat tugas lapangan, observasi ke TK. Hehe. Observasi sistem pembelajaran sama anak-anak TK-nya. Seru, lucu, menyenangkan ketemu adik-adik TK yang imut-imut dan menggemaskan. Waktu itu, saya observasi di TK Al-Irsyad di daerah Pasar Kliwon, Solo. Oh iya, ada anak TK yang mukanya mirip Zayn Malik. Uwoooo. Ini dia mukanya, cakep, kan? :)

 Senyum!!! :3 Imuuut banget :*
Juni 2013…
Ulang tahun saya nih. Muhasabah diri aja hehe. SPI juga nih… Saya disuruh jadi operator laptop. Ya, gitu deg-degan takut kalo salah pas nampilin slide. Hahaha. Oiya selain SPI, saya juga masih ngurusin tugas kok dan ngurusin ikutan bikin artikel buat Buletin LPM hehehe. Saya kebagian bikin resensi album.
Juli dan Agustus 2013…
Yudisium semester dua meen… Liburan lagi meeen… liburannya sekarang barengan sama Ramadhan. Nulis lagi dong, ngeblog lagi dong. Lupa juga sih ya, ngapain aja. Ya, kalau Ramadhan ngapain aja sih, puasa, tarawih, tadarusan, kadang-kadang hafalan. Terus, belajar masak, belajar jadi istri idaman. Udah gitu aja. Setelah mendekati KRS-an, mulai bikin KRS sambil berempong-rempong lagi. Udah mau semester tiga bikin KRS aja masih bingung. Hadeh… hahaha. Oiya tulisanku masuk di buku kumpulan Kejutan Ramadhan-nya Nulis Buku juga. Alhamdulillah :)
September 2013…
Oke, segala ke-hectic-an dimulai lagi. Masuk kuliah ketemu lagi sama Pak Hakim dan mengajar di mata kuliah yang sama: Psikologi Sosial II. Kali ini, Bapak dosen favorit anak Psikologi ini menggunakan teknik Jigsaw Classroom. Bapaknya juga ngasih literature buku The Social Animal karangan Elliot Aronson, full English.
Lantas, masih ketemu lagi, nih, sama Psikologi Kepribadian II. Sekarang dosennya beda. Kalau kemaren sama Pak Nug, sekarang sama Bu Rin. Bu Rin cara mengajarnya enak, jadi tambah mudeng. Di mata kuliah ini, kita mulai memasuki teori-teori Kepribadian Humanistik. Banyak filsafatnya meeeen… dan saya baru sadar gunanya Filsafat itu untuk apa. Untuk analisis eksistensial dan fenomenologi yang banyak mempengaruhi teori-teori Humanistik. Semoga yang baca nggak bingung ya, saya juga bingung kok nulisnya hehehe. Terus masih ada lagi Psikologi Perkembangan II, dosennya masih sama seperti semester dua.
Selain itu, sudah bertambah mata kuliah baru, Psikologi Industri dan Organisasi dan ada lagi Psikologi Klinis. Oiya, ada lagi Psikodiagnostika (part Observasi), Assessment Psikologi, dan Statistik! Mata kuliahnya ciamik banget! Oke Musrifah, semangat! :)
Oiya, di bulan ini saya juga rempong ngurusin Alkilmaru 2013. Panitianya pada menghilang satu-satu, kemudian acaranya jadi sangat menyedihkan. Oke, saya sedih jika harus menceritakan penderitaan saya. Hiks…
Sekitar pertengahan September, Nisa ngasih tahu ada lowongan buat jadi volunteer di acara Global Peace Conference di Malaysia. Saya pun coba-coba apply. Hanya penasaran aja kepingin apply, hehe. Tapi akhirnya nggak dapet, hahaha. Kemudian ada juga Forum Indonesia Muda membuka pendaftaran. Saya kepengen ikutan banget kalau yang ini. Kalau baca testimoni para alumnusnya sih kelihatan keren gitu. Kemudian saya pun coba apply. Coba aja sih, kalau nggak dapet juga nggak apa-apa. Tapi ternyata sewaktu pengumuman (akhir September), ternyata saya ditolak sama Forum Indonesia Muda hahaha. Ya udah nggak apa-apa, tahun depan daftar lagi, ah~ :p
Oktober 2013…
Ini adalah bulan paling hectic. Banyak tugas, banyak kegiatan buat adik-adik angkatan 2013, banyak agenda menulis yang tidak tercapai. Sampai saya sebel sama diri sendiri karena kurang bisa memanajemen waktu. Hiks.
Anyway, awal Oktober, kalau nggak salah, kami masing-masing kelompok belajar Psikologi Sosial II mendiskusikan tentang sebuah project sosial. Jadi di project ini kita disuruh ngerencanain sebuah project yang kira-kira gampang dan bisa dibuat oleh mahasiswa untuk melakukan sebuah perubahan sosial. Nah, masing-masing kelompok nantinya disuruh mempresentasikan project-nya masing-masing. Ada yang berencana pengen bikin kerajinan bareng-bareng pengamen jalanan, ada yang pengen bacain dongeng dan mengajari lagu buat anak-anak supaya anak-anak masih bisa mengenal dongeng dan lagu anak supaya masih mengenal lagu dan dongeng anak-anak. Sedangkan kelompok kami, setelah melalui diskusi yang alot, dari yang berencana pengen bikin kegiatan mindah hujan (ini gagasannya si Voti, hahaha), kemudian gagasan Silvy dan Nafis yang pengen menyediakan sabun di kamar mandi kampus supaya kalau ada yang kebelet BAB di kampus bisa cuci tangan pakai sabun (duh, kelompokku anak-anaknya absurd semua), dan lain-lain. Kemudian Nafis mengusulkan lagi, gimana kalau bikin donor darah saja. Akhirnya semua anggota kelompok setuju.
Maka, kemudian, kelompok kami pun tibalah saatnya untuk presentasi. Mempresentasikan tentang project kami yaitu Donor Darah. Setelah dikasih komentar dan saran oleh Bapak Dosen kemudian tibalah saatnya untuk voting. Voting memilih kelompok mana yang nantinya projectnya bisa diealisasikan menggunakan dana Rp. 245.000 hasil dari iuran anak-anak kelas B. Setelah melakukan voting, akhirnya kelompok kamilah yang mendapat kepercayaan dari teman-teman sekelas untuk merealisasikan project itu. Fiuuuh… nambah kerjaan lagi, deh. Pokok’e SEMANGAT!
Oiya selain itu juga ada banyak tugas assessment semenjak September kita disuruh ke lapangan berburu anak-anak kemudian ngukur IQ anak pakai Tes Binet dan Goodenough. Seru, pengalaman baru dan menyenangkan! Mata kuliah Assessment memang paling seru. Hehehe.
November 2013…
Eh, tanggal 5 November itu hari apa, ya? 1 Muharram! Wooo, ulang tahunku di Bulan Hijriyah hehehe. Terus, tanggal 12 Novembernya mulai merealisasikan project donor darah itu. Hectic, rempong, sebel, capek, campur aduk jadi satu pas hari Selasa itu. Seneng karena banyak temen-temen antusias untuk ikut donor darah. Capek, sebel, dan rempong gara-gara temen se-tim datangnya telat. PMI nya udah pada dateng, yang baru dateng dari tim kami cuma aku sama Ulfah doang -_-. Ya, tapi nggak apa-apa, Alhamdulillah semuanya lancar sampai selesai :)
November ceria… November ceria… sudah mendekati liburan. Sudah mendekati banyak tugas akhir dan ujian. Akhir kepengurusan juga. November, Pleno akhir tahun dan Musyawarah Besar memilih ketua Himapsi 2014 baru hehe. Setelah melalui diskusi yang alot, akhirnya, terpilihlah Kak Shofwan sebagai ketua Himapsi 2014.
Desember 2013…
Ujian, ujian, dan ujian. Tugas, tugas, dan tugas. Nulis, nulis, dan nulis, namun kemudian nggak selesai. Salah satu tugas adalah observasi di SD untuk tugas Psikodiagnostika. Kami memakai topik Obedience (Kepatuhan). Kami observasi di SD Djama’atul Ichwan di daerah Purwosari (deket Center Point), Solo.
Desember ini, ada event keren Metro TVon Campus yang ada Mata Najwa on Stage-nya. Saya pun sudah siap-siap buku bacaan sebagai teman liburan. Masih menimbun film di laptop yang belum sempat dilihat karena kesibukan. Dan seabrek planning lainnya salah satunya adalah, ngeposting sesuatu di blog. Apa ajalah, gaje juga nggak apa-apa yang penting blog jangan suwung. Kalau suwung, nggak pernah dibersihin, entar ada makhluk lain yang menghuni, hehehe.
Resolusi tahun 2014, siap-siap membuat tahun depan menjadi tahun yang lebih indah dari tahun 2013, bersiap-siap menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Bersiap mengaktualisasikan diri dan perlahan-lahan mulai melanjutkan memintal simpul-simpul mimpi. Semester empat meen… entar kita mainan mencit buat eksperimen. Wuuuu… Good Bye Semester 3, Welcome Semester 4. Selama liburan, nulis aja terus, kalau perlu begadangan juga nggak apa-apa. :)
Oke teman-teman, sekian kilas balik 2013 versi saya. Ini kilas balik 2013-ku, mana punyamu? :)
Sampai jumpa di post selanjutnya…. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar